February 19, 2014

Today's Value

Halo dunia, rasanya udah bertahun-tahun nggak nyentuh ni blog. Miss you soo muuch.. :* Aku sudah mengucapkan selamat tinggal pada umur 17 dan sekarang aku duduk, ngetik, menghadap laptop di usia yang baru. 18. Delapan. Belas. Delapan belaaaasss... Dan tiba-tiba pingin kembali ke umur empat atau lima tahun. Momen saat aku nggak pernah terbayang akan jadi lebih tua dari usiaku saat itu. Momen pas aku harap harap cemas, apakah masih boleh nonton hamtaro atau chibi maruko chan kalo nanti udah gede. Momen saat hidupku hanya diisi oleh bermain dan rasanya menjadi dewasa itu masih jauh diujung dunia. Tapi tiba-tiba, sekarang udah 18 dan tiba-tiba udah boleh nonton film untuk 17 tahun keatas ._. Semuanya terjadi secara tiba-tibaaaa. 


Aku bikin beberapa project untuk diriku sendiri di usia yang ke 18 ini. But I won't revealed them unless project itu udah bener-bener jadi.

Jadi, ceritanya, tanggal 16 Februari 2014, lima hari setelah ultahku yang ke 18, aku pulang dari Pati dengan setumpuk cucian dan kamar yang jungkir balik nggak karuan. Naik bis, tidur di sepanjang perjalanan dan bangun tepat pas nyampe di terminal Terboyo. Turun dari bis, seorang bocah SMP yang ternyata kondektur bis dalem kota Semarang, langsung nyamperin aku dan langsung nyamber tasku untuk dibawa ke bis begitu tau tujuanku ke Tembalang. Sepanjang perjalanan menuju Tembalang, yang simpang siur di telingaku cuman teriakan tuh anak yang kayaknya udah makanin rute-rute bisnya. "Paragon! Manik! Manik! (itu maksudnya Banyumanik, bukan manik manik yang buat gelang -___-)" 

Yang ada di bayanganku adalah, si anak SMP itu, kalo udah gede, jadinya kalo nggak kenek senior ya alih profesi jadi sopir di bis itu juga. Sopir bis yang sekarang kan pasti udah bangkotan kalo tuh anak udah gede. Nah, jadi beregenerasi-lah mereka. Perputarannya cuma di situ-situ aja. Unless, jiwa laskar pelangi dan negeri lima menara ada di dalam diri tuh bocah, mana tau besarnya dia jadi sopirnya pesawat (pilot) atau keneknya pesawat (pramugara) lah (harus permak muka dulu tapii :p). Hmmm... tapi mungkin itu ada hikmahnya. Kalo semua kenek jadi pramugara, trus yang jadi kenek siapa? ._.

Trus pas bis berenti di perempatan, ada bocah cewek yang jual koran, rambutnya agak coklat pirang gitu (gegara semir rambut alami dari sinar matahari), diiket kuda, bawa beberapa eksemplar koran, nunjukin koran-koran yang dia bawa ke jendela mobil, beralih ke jendela mobil lain, dengan kerutan di kening dan kulitnya yang agak gelap plus beberapa bekas garukan, kurap, panu dan kadas. 

Saat itu, aku diingatkan kembali untuk lagi lagi bersyukur. Nggak kebayang kalo misalkan aku ada di posisi bocah itu, bawa-bawa koran, kepanasan, jarang mandi, panuan, nggak tau rasanya main flappy bird di gadget, nggak tau rasanya nongkrong di cafe, nggak bisa beli buku tinggal tunjuk, nggak bisa menikmati ketampanan Suho dan Luhan, dan macem-macem hal lain. Aku bersyukur bahwa dari sekian banyak keluarga yang ekonominya pontang panting, keluarga yang udah turun temurun mainanannya di jalanan, atau keluarga yang kehidupannya di angkot atau bis, aku dilahirkan di sebuah keluarga yang masih bisa menikmati kehidupan yang layak. Alhamdulillah, terima kasih, Ya Allah. :)

Dan satu hal, aku masih bisa ngerasain kebahagiaan dibawain kejutan ulang tahun di kos sama temen-temen, dengan kue-kue EXO tanpa E mungil, kado-kado dan makan-makan di waroeng steak n shake. It's great to feel thankful.. :)





Share:

0 comments:

Post a Comment