February 2, 2014

The X-Files of Bung Karno

Satu hal yang aku dapatkan dari kepribadian Soekarno adalah, bahwa ia tumbuh dari didikan seorang ayah yang mati-matian menegakkan disiplin. Seorang pemimpin negara, proklamator dan orator ulung. Baru setengah dari keseluruhan buku The X-Files of Bung Karno yang aku baca, udah bikin aku keliyengan karna saking kagumnya sama pribadi beliau yang humble


Andaikan dari sekian banyak pribadi positif beliau, ada satu gitu yang nyantol ke aku setelah setengah jadi baca buku ini, maka aku akan tahu bahwa betapa berharganya liburanku kali ini karna udah berguru sama seorang Soekarno walopun secara nggak langsung. Soekarno nggak dilahirkan dari keluarga yang serba kecukupan, beliau sampai sakit-sakitan gegara kurang gizi. Bahkan sampai beliau menjabat sebagai presiden, kehidupannya pun masih kelimpungan, gegara nyari hutangan ke sana ke mari dari ajudannya. Satu hal di samping penderitaan (yang kalo itu terjadi sama aku mungkin aku bakal gundulin kepalaku saking frustasinya) yang dialami beliau, menghargai setiap makhluk hidup adalah ajaran yang beliau cerna dari ayahnya. Entah itu sama hewan atau tumbuhan.

Beruntung banget taneman yang numbuh di halaman istana presiden waktu itu. Karna Soekarno nanemnya dengan tangan dia sendiri dan ngerawat dengan telaten. Beliau sampe murung kalo musim kemaraunya kelamaan dan musim hujan nggak kunjung dateng. Beliau bisa galau kalo tanemannya pada layu. Dan beliau hebring luar biasa ketika setiap pagi jalan-jalan di taman buat ngerawatin taneman-taneman di sana. Kalo di iklan kecap Bango, tanemannya Bung Karno itu ibarat kata namanya Alika. Dibesarkan seperti anak sendiri *elus-elusalika*. 

Aku jadi cengangas cengingis sendiri bayangin masa remaja Bung Karno yang sempat dirundung galau gegara backstreet sama pacarnya yang orang Belanda. Ayah Bung Karno kan kagak demen sama orang Belanda ya, walopun Soekarno ABG tau itu, tapi entah kenapa perasaan cinta yang membuncah itu masih senantiasa bersarang di relung hatinya.. #aiiiihhh.. Bung Karno bilang kalo dia sempet gugup pas jalan bareng si cewe Belanda itu, bawain buku-bukunya, bahkan sampe bela-belain lewat depan rumah si cewe ngarep bisa ngelirik si empunya (yang punya rumah sebenernya bokapnya si cewe Belanda itu sih.. oke, skip!). Cowo-cowo generasi baru mungkin bisa menjadikan ini insipirasi #ehem *batuk*.

Awalnya aku beli buku ini buat jadi bahan referensi tugas akhir matkul Kepribadian. Tapi karna waktu itu udah kegencet mepetnya waktu, akhirnya aku pake tokoh lain buat tuh tugas. Setelah satu bulan merana di rak buku, akhirnya gegara liburan ini nggak ada kerjaan, rencananya buku ini mau aku makan sampe habis.. Daripada aku kebanyakan cincong di sini, mending yang udah nggak kuat menahan godaan untuk segera tau lebih banyak tentang X-Files-nya Bung Karno, buruan beli nih buku
Share:

0 comments:

Post a Comment