July 1, 2015

Bermula dari Seekor Laron: Everything Happens for A Reason


HELLAAWW JULY~
Ini udah hari ke 14 puasa, H-1 UAS, bosen belajar, malah kepikiran yang lain-lain. 

Ceritanya, waktu itu malam ke 2 di bulan Ramadhan, lagi nongkrong di balkon depan kamar. Aku ngetawain temen kosku yang bilang kalo laron itu hewan paling nggak berguna. Hidupnya cuman muter-muter di lampu, terus mati. Aku ketawa dan aku jawab, laron kan buat makanan cicak. Dulu waktu masih bocah (walopun sekarang juga masih bocah), aku juga sempet mikir kayak gitu dan pasti banyak orang yang berpikiran sama. Well, people grow up, dude. So do I. Coba point of view upon every little thing agak diubah, geser ke sudut pandang yang lain. And you will notice that everything happens for a reason. Ngapain Tuhan bikin laron kalo nggak ada gunanya hayoo? 

Temen kosku itu liat laron nggak guna karena dia pake kacamata manusia. Try to image yourself as a laron (konyol emang, tapi coba deh). Hidupnya emang cuman ngelilingin lampu habis itu jatoh disapu atau dimakan cicak. Tapi menurut kamu (yang sekarang sedang berimajinasi menjadi laron), ngelilingin lampu itu adalah hal terberguna sepanjang hidup kamu. Perihal kemudian kamu mati jatoh atau dimakan cicak, doesn't matter, you had a useful life! 

Well, sebagai manusia mungkin aja kita diketawain sama kura-kura yang hidupnya bisa ampe 200 tahun. Ngapain manusia hidup kalo cuman buat makan, ngabis-ngabisin oksigen dan ujungnya mati umur 50. Kasarannya, ngapain lo idup kalo ujung-ujungnya mati. Tapi intinya bukan tentang nanti toh ujungnya mati kan. Intinya adalah how you fill up your short life with bunch of useful thingy. 

Oke contoh hal nggak guna yang lain. Ada orang yang nggak suka dikasih boneka karena menurut mereka benda itu nggak ada gunanya (kenapa  harus boneka? karena kepikirannya ini, ya udah lah ya nggak usah bicik). Well, ke-nggak-gunaan boneka itu pun exists for a reason. Kamu nggak bakal notice tentang barang-barang lain yang menurut kamu berguna, kalo kamu nggak mengenal boneka itu sebagai benda yang nggak berguna. Kamu dapet yang nggak berguna, biar kamu tau mana yang berguna (walopun agak belibet, but you know what I mean lah). 

Oke contoh yang lain lagi. Kemaren ada anak kuliahan seumuran aku kayaknya, dia bilang ke bapaknya bahwa dia nggak yakin dengan hasil ujiannya. Bapaknya dengan santai bilang, "ya gampang kalo nilainya jelek tinggal ngulang taun depan, nggak papa. Belajar rekoso sejak sekolah, biar nggak kaget nanti di hidup yang sebenarnya." Dan pada saat itu juga aku jatuh cinta sama tuh bapak. Lalu kepikiran, oke ntar aku kalo udah punya anak, aku pingin bareng suamiku ngedidik anak kami kayak bapak itu ngedidik anaknya (oke ini agak melenceng dari topik). Jadi maksudnya si bapak itu adalah kalo kamu gagal sekarang, ya untuk kamu sukses nanti. Meskipun kamu nanti belum ketemu sukses juga, ya dari kegagalan sekarang kamu belajar untuk siap kalo nanti dihadapkan dengan kegagalan selanjutnya. Ya balik ke pembicaraan awal tadi, semua pasti ada tujuannya, ada alasannya, ada sebab musababnya. 

Kamu tau mana yang salah biar kamu tau yang benar. Kamu ngalamin pahitnya hidup biar kamu tau yang manis itu kayak gimana. Ada hitam karena ada putih. Ada kebaikan karena ada kejahatan. Ada kejujuran karena ada kebohongan. Ada kesetiaan karena ada penghianatan. Karena kuncinya cuman satu. Everything happens for a reason. 
Share:

0 comments:

Post a Comment