July 14, 2013

Pengumuman Kelulusan

Aku gugup, takut nggak lulus. Ketakutan yang sama sekali nggak aku rasain sebelum nonton Kick Andy beberapa hari sebelum hari H pengumuman. Talk show itu, ngundang seseorang yang baru bisa lulus setelah tiga kali ikut ujian nasional. Aku sama sekali nggak percaya begitu tahu bahwa anak itu selalu rangking satu di kelasnya. Di tahun pertama dia ikut UN, dia nggak lulus. Dan di tahun berikutnya lagi, hasilnya pun sama. Nggak lulus. Sampai dia ikut ujian lagi di tahun yang sama tapi hanya untuk mata pelajaran yang dia nggak lulus, dan akhirnya, dia pun lulus, meskipun dengan niali yang pas-pasan. 

Asli aku langsung desperate. Selama ini, aku terlalu pede bahwa aku bakal lulus, bahkan sudah berharap-harap dapet nilai yang tertinggi. Begitu liat tayangan itu, aku sadar, bukankah kemungkinan utnuk tidak lulus itu juga selalu ada? Praktis setelah nonton itu, keyakinanku untuk dapet nilai tertinggi langsung ciut. Persentasenya turun perlahan-lahan. Dan aku pun mengganti doa di setiap solatku. Yang awalnya aku berharap agar dapet nilai tertinggi, berubah jadi harapan agar paling nggak, aku lulus dulu.

24 Mei 2013, akhrinya hari H pun tiba. Aku mutusin untuk nggak ikut ibuku ke sekolah lantaran nggak sanggup liat gimana ntar hasilnya. Aku mendekam di rumah sendirian, sholat Dhuha, berharap agar diberikan hasil yang terbaik. Udah nggak ada lagi harapanku yang muluk-muluk. Pokoknya, yang penting lulus. Begitu aku mengamini doaku, ada SMS masuk. Tiba-tiba jantungku keluar dan menggelepar di sajadah #hiperbola. Aku gemetar, kuintip pelan-pelan layar handphone-ku. Dari Ahmad, temenku. Begitu aku baca isinya, aku langsung shock. Jantungku yang tadi udah terlanjur keluar, langsung melipir ke mukenaku. Aku speechless, aku nggak kepikiran untuk ngapa-ngapain lagi selain sujud syukur. Ngucap syukur sampe mewek se-mewek-meweknya.

Aku lulus.. lulus dengan nilai tertinggi ke-2 se-Kalimantan Selatan untuk jurusan IPS.. Dan aku di SMS, karena aku harus segera ke sekolah untuk diwawancarai dan menerima penghargaan. :')
Subhanallah, Allahuakbar, Alhamdulillah.. :)
Share:

0 comments:

Post a Comment