April 24, 2013

Sedikit Omelan untuk UN 2013

Aku sama sekali nggak keberatan dengan sistem kelulusan yang ditentukan dengan Ujian Nasional. Oke lah.. aku udah nurut sama pemerintah. Disuruh belajar buat UN, aku belajar, disuruh fokus sama UN, aku fokus, sampe bela-belain nimbun film di laptop saking kuatnya imanku untuk nggak nonton film dulu sebelum selesai UN. Kata pemerintah UN dijadikan pertimbangan untuk masuk PTN, aku terima dengan lapang dada, katanya UN tahun ini dibikin dua puluh paket dengan barcode, aku terima dengan senang hati, katanya UN tahun ini tingkat kesulitannya ditambah, walaupun sempet bikin jantungan, aku tetep nerima dengan ikhlas. Sampai soal yang katanya seharusnya nyampai di Kalimantan Selatan pada Jumat sore tapi ternyata belum nyampe sampai Sabtu pun, aku masih berusaha berbaik sangka. Aku yakin bahwa nggak bakal ada yang namanya UN ditunda. 


Ehh.. tapi ternyata, aku terlalu berbaik sangka sama pemerintah. Soalnya nggak juga dateng sampe selasa. Sampe UN diundur ke hari Rabu, trus diundur lagi ke hari Kamis. Itu pun masih molor 2,5 jam, gara-gara nungguin sekolah lain yang belum kebagian soal. Nggak sampe situ aja. Soalnya pun kurang, sampe ada yang difoto kopi. Ajaib yaa.. bayangkan! Soal UN boleh difoto copy! Cuma tahun ini nih.. bapak mendikbud yang terhormat punya keputusan ajaib kayak gitu. Nggak ada di mana-mana tuh yang namanya tempat foto copy-an, dijadikan tempat buat moto copy soal yang diujungnya ada tulisan 'Dokumen Negara. Sangat rahasia.' Kecuali itu soalnya udah jadul, tahun lalu, atau tahun lalu lalunya, yang dipake buat latihan soal. Lha ini?? Soalnya tuh belum dipake buat UN secara resmi! Kalo aku yang punya foto copy-an, tuh soal udah aku copy ribuan kali buat kujual ke temen-temen. For sure!! Sebenernya, masih banyak kebusukan yang lain di UN tahun ini. Gara-gara terlalu banyak itulah aku males menjabarkannya di sini. 

Aku sama sekali nggak nyangka ujung-ujungnya UN tahun ini bakal sekacau ini. Aku pikir, telat nyetak soal. Udah itu tok. Ternyata, ya ampuunn.. Ini yang bego salah siapa sih sebenernya??? Udah lah.. cukup beberapa oknum dari kami aja yang dibilang nggak bisa dipercaya gara-gara pas UN masih beli kunci (not me of course). Makanya, jangan sok pingin bikin shock deeh.. Pake acara ngasih soal 20 paket segala siih.. Pingin biar nggak banyak yang curang, jadinya malah repot sendiri kan. Yaah.. itu sih yang kasat mata yaa.. Yang nggak kasat mata, aku nggak tau deh. Dalem dalemnya tuh proses pembuatan soal juga aku nggak ngerti, dari yang bikin soal sampe yang nyetak juga aku nggak tau gimana gimana ya. Pokoknya aku ngebebasin kalian aja deh buat main-main di dalem sana. Atau mau bikin hancur pendidikan Indonesia ya silakan aja. Yang penting, aku nya nggak kayak gitu yaa.. Aku pinginnya siih.. aku nggak ikut hancur kayak kalian. Hehehe.. Tapi, kayaknya susah yaa.. kalo kepalanya udah rusak, masak buntut-nya mau sehat-sehat aja?
Share:

3 comments:

  1. Setuju bangeeeetttt kalista!! walaupun aku UN lebih dulu tp ikut ngerasain jg apa yg kamu rasain:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuh.. makasih ya, kamu udah mampir ke blogku dengan meninggalkan jejak (baca: komentar). Haha :D
      Habiis.. blogku udah kayak kuburan gini, sepi banget.

      Delete
  2. UN pakai uji coba hasilnya ricuh gitu hehee

    ReplyDelete